"Kumpulan Materi Kuliah [2009080 Deden Wahiddin]"

Rabu, 19 Oktober 2011

Struktur OS Linux dan Windows

Pada Posting kali ini kita akan membahas sedikit mengenai Struktur sistem operasi dari Linux dan Windows... jika kita berbicara masalah struktur, pasti sudah terlintas hal yang berhubungan dengan susunan. Nah , oleh karena itu sekarang saya akan coba sedikit membahas susunan pada sistem operasi Linux dan Windows

1.Struktur Sistem Operasi Linux

Gambar diatas merupakan struktur sederhana dari sistem operasi Linux..untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu :

a.Desktop (KDE, Gnome)



sebelum kita ingin mengetahui apa itu KDE dan Gnome, kita perlu mengetahui apa sebenarnya Desktop itu??? Desktop dalam sistem opersi secara singkat bisa dikatakan sebuah area kerja dengan interface grafis untuk user agar dapat menjalankan pekerjaannya pada sistem operasi tersebut.
Back to KDE dan Gnome...

KDE (K Desktop Environment) merupakan salah satu windows manager di sistem operasi berbasis Unix. Pembuatan aplikasi yang berjalan di KDE harus mengikuti standar antarmuka yang ramah dan efisien bagi penggunanya. KDE adalah sebuah aplikasi desktop environment untuk sistem operasi berbasis UNIX ( Linux, freeBSD,dll). Fungsinya adalah untuk mengurangi  penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang awam di sistem operasi berbasis Unix tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada windows.

Gnome(GNU Network Object Model Environment) adalah Graphical user interface (GUI) dan aplikasi desktop untuk sebagian pengguna Unix dan Linux.Gnome dibuat dengan menyesuaikan engine yang dipakai untuk menampilkan warna dan efek yang diinginkan. Gnome adalah salah satu desktop bagi para pengguna linux yang memiliki kemudahan memilih aplikasi desktop.

Perbedaan :
KDE memiliki tampilan grafis yang lebih bagus dan cantik tapi akan membuat penggunaan memory yang banyak sehingga dapat memperlambat system.

Gnome tampilannya tidak buruk, tapi tidak terlalu memakai banyak memori, sehingga kinerja sistem lebih lancar


b. Window manager
struktur selanjutnya dari linux ini adalah Window manager..apa itu window manager???bingung???sama...hehehe
jadi gampangnya begini...
window = jendela, manager = pengatur. Jadi window manager adalah program yang berfungsi untuk mengatur tampilan window dari aplikasi yang sedang anda jalankan.
Sebelumnya kita sudah membahas Desktop (KDE,Gnome). Perlu diingat bahwa sebuah desktop manager / desktop sangat bergantung pada window manager ini, namun tidak sebaliknya. Maksudnya?? Sebuah window manager dapat dijalankan stand alone tanpa desktop manager. Namun tidak sebaliknya. Sebuah desktop manager tidak dapat berjalan tanpa dukungan dari window manager. Ibarat sebuah lampu tidak akan menyala tanpa adanya arus listrik.

c.Xwindows
linux tidak melulu text based dan tidak menarik bagi sebagian orang yang sudah lama di manjakan oleh GUI ala MS-Windows, tapi lunux juga memiliki interface berbasis grafik yang sangat powerfull dan dikenal dengan Xwindow system. Interface ini mendukung banyak aplikasi berbasis grafik dan sudah menjadi standar industri.

Nah, intinya ketiga makhluk tadi itu sebagai penghubung antara user dengan si linux ini..bagaimana untuk bisa dimengerti oleh sistem operasi linux itu sendiri??? Kita beralih ke ketiga struktur selanjutnya,,


e.Kernel
Dalam sebuah perangkat komputer, kernel merupakan komponen inti dari sistem operasi yang berjalan dalam perangkat tersebut. Kernel bertugas untuk mengatur pembagian sumber daya sistem, komunikasi antara komponen hardware dan software.
Ada beberapa desain kernel :
Monolithic kernel
Micro kernel
Hybrid kernel
Exo kernel

Yang terakhir dari semua struktur linux ini adalah hardware. Sudah kita ketahui bersama bahwa hardware adalah perangkat keras dari komputer itu sendiri...


2.Struktur Sistem Operasi Windows

Ok..sekarang masuk ke sistem operasi wondows, pada dasarnya struktur OS windows pun sama dimulai dari desktop, tapi karena saya rasa kita semua sudah familiar dengan windows jadi saya tidak perlu mamabahas seperti apa desktop windows..


b.long-term scheduler
long-term scheduler digunakan untuk memilih proses dari pool dan menyimpannya ke memory

c.resource manager
pada sistem resource manager ini setiap program akan memperoleh alokasi waktu, ruang , dll. 

d.Short-term scheduler
short-term scheduler digunakan untuk memilih diantara proses-proses yang siap di eksekusi dan salah satunya dialokasikan ke CPU.

e.file manager
berkas komputer secara fisik dapat di atur oleh sistem berkas yang digunakan oleh media penyimpanan di mana berkas disimpan.secara logis pengguna membutuhkan sebuah utilitas untuk melakukan manajemen berkas yang sering disebut File Manager. Contoh dari File manager adalah Windows Explorer pada windows.

Untuk kernel dan hardware sudah dijelaskan pada struktur OS linux di atas..

Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua...amiinnn...
 









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar